Inovasi dan teknologi di era industri 4.0 menjadi faktor pengungkit dalam pembangunan suatu wilayah. Inovasi dan teknologi akan tumbuh disuatu negara dari anak-anak bangsa yang memiliki kreativitas tinggi. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jambi sebagai institusi yang mempunyai tupoksi di bidang penelitian dan pengembangan berusaha menumbuhkan minat pelajar dan mahasiswa dalam penulisan karya tulis ilmiah. Sehingga pada edisi ini, Jurnal Khazanah Intelektual memuat dua artikel dari nominasi sepuluh besar lomba Karya Tulis Ilmiah Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Balitbangda Provinsi Jambi. Dua artikel nominasi lomba karya tulis ilmiah tersebut dengan judul masing-masing : Inovasi Teknologi Berbasis Wireless Data Logger Lotre Hoax (Log Temperatute, Humidity, Time on SD Card and Computer) dalam Budidaya Tanaman pada Greenhouse; dan Implikasi Seloko Rimbo sebagai Konvensi Orang Rimba dalam Upaya Pelestarian Hutan Taman Nasionan Bukit Dua Belas Jambi. Selain itu dipublikasi juga satu artikel dari Mahasiswa Strata 2 Progam Studi Ilmu Lingkungan Universitas Jambi, yang berjudul Analisis Kualitas Air Sungai Batanghari Berkelanjutan di Kota Jambi dan satu artikel dari ASN Sekretariat Daerah Pemerintah Kalimantan Tengah yang berjudul Pengaruh Peran dan Kompetensi Penyuluh Pendamping Terhadap Keberhasilan Gerakan Percepatan Penganekaragaman Kosumsi Pangan (P2KP) Tahun 2014 dalam mendukung Ketahanan Pangan di Kabupaten Klaten.

Disisi lain Balitbangda melalui Jurnal Khazanah Intelektual juga menjadi wadah untuk peneliti dalam mempublikasikan tulisan ilmiah. Pada edisi ini juga dimuat dua artikel yang ditulis oleh peneliti Balitbangda Provinsi Jambi dengan judul : Penerapan Teknologi Budidaya Jenuh Air untuk Meningkatkan Pendapatan Petani Kedelai Hitam di Kabupaten Tanjung Jabung Timur; dan Peningkatan Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru SMA di Provinsi Jambi.

Redaksi menyadari bahwa Jurnal Khazanah Intelektual masih jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang membangun selalu kami nantikan. Akhir kata, redaksi mengucapkan terima kasih kepada mitra bestari yang berkenan memberikan masukan dan mereview tulisan pada edisi ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada anggota redaksi yang telah meluangkan waktu agar Jurnal Khazanah Intelektual ini dapat terbit dengan baik. Semoga tulisan-tulisan dalam jurnal ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi pembaca

Vol. 3 No. 3 (2019): Jurnal Khazanah Intelektual

View All Issues