STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN INDUK DAN KABUPATEN PEMEKARAN (STUDI KASUS KAB. BATANG HARI DAN KAB. MUARO JAMBI)

Main Article Content

Ahmad Soleh
Zulfanetti
Asiah

Abstract

Penelitian mengenai Studi Komparatif Kemampuan Keuangan Daerah KabupatenInduk dan Kabupaten Pemekaran(Studi Kasus Kabupaten Batang Hari dan Kabupaten Muaro Jambi)  bertujuan untuk mengukur dan menganalisis kemampuan keuangan daerah Kabupaten Batang Hari dan Kabupaten Muaro Jambi yang ditunjukkan melalui Derajat Otonomi Fiskal (DOF), Indeks Kemampuan Rutin (IKR) dan Indeks Penampilan PAD (IPAD), menganalisis perbedaan kemampuan keuangan daerah Kabupaten Batang Hari dan Kabupaten Muaro Jambi yang ditunjukkan melalui Derajat Otonomi Fiskal (DOF), Indeks Kemampuan Rutin (IKR) dan Indeks Penampilan PAD (IPAD, menganalisis hubungan antara kemampuan keuangan daerah Kabupaten Batang Hari dan Kabupaten Muaro Jambi dengan pertumbuhan ekonomi, selama periode 2001-2015.


Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk runtun waktu (time series) dengan periode pengamatan dari tahun 2001 sampai 2015. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut di atas adalah indikator kemampuan keuangan daerah melalui Derajat Otonomi Fiskal (DOF), Indeks Kemampuan Rutin (IKR) dan Indeks Penampilan PAD (IPAD), uji beda independent sample t-tes  dan korelasi pearson.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keuangan daerah Kabupaten Batang Hari dan Kabupaten Muaro Jambi masih sangat rendah, dimana Derajat Otonomi Fiskal (DOF) sangat kurang karena berada < 10 persen, Indeks Kemampuan Rutin (IKR) sangat kurang karena berada antara rasio 0,00 – 20,00 persen dan Indeks Penampilan PAD (IPAD) lemah karena IPPAD < 1. Ada perbedaan yang signifikan Derajat Otonomi Fiskal (DOF) dan Indeks Penampilan PAD antara Kabupaten Batang Hari dan Kabupaten Muaro Jambi, sementara tidak ada perbedaan yang signifikan Indeks Kemampuan Rutin (IKR) antara Kabupaten Batang Hari dan Kabupaten Muaro Jambi.Tidak ada hubungan antara indikator kemampuan keuangan daerah (DOF, IKR dan IPPAD) dengan pertumbuhan ekonomi melalui indikator PDRB di Kabupaten Batang Hari dan kabupaten Muaro Jambi.

Article Details

How to Cite
Soleh, A., Zulfanetti, & Asiah. (2020). STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN INDUK DAN KABUPATEN PEMEKARAN (STUDI KASUS KAB. BATANG HARI DAN KAB. MUARO JAMBI). Jurnal Khazanah Intelektual, 4(2), 716-728. https://doi.org/10.37250/newkiki.v4i2.66
Section
Articles